Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogger Terbaru

Favicon adalah ikon kecil yang digunakan untuk mewakili sebuah situs web di browser. Istilah "favicon" merupakan kependekan dari "favorite icon." Favicon biasanya ditampilkan di sebelah alamat URL situs web di bilah alamat browser, di tab browser, atau dalam daftar bookmark situs web.


Favicon memberikan identitas visual yang konsisten untuk situs web dan membantu pengguna mengenali situs tersebut dengan mudah. Umumnya, favicon berbentuk gambar atau logo yang diubah ukurannya menjadi ikon kecil dengan resolusi sekitar 16x16 piksel atau 32x32 piksel. Format gambar yang umum digunakan untuk favicon adalah file .ico, meskipun format gambar lainnya seperti .png juga dapat digunakan.


Fungsi dan Manfaat Favicon

Favicon itu punya peran penting dan manfaat keren buat blogmu.

1. Branding

Favicon adalah salah satu cara yang bagus buat memperkuat branding blogmu. Dengan menggunakan gambar atau logo yang khas sebagai favicon, blogmu bakal lebih mudah dikenali oleh pengunjung. Mereka bisa langsung tahu itu blogmu tanpa harus membaca judulnya. Bikin blogmu beda dari yang lain!


2. Identitas

Favicon juga membantu mengidentifikasi blogmu dengan cepat di antara tab-tab yang terbuka di browser. Ketika pengunjung membuka banyak tab, favicon yang unik akan membedakan blogmu dengan mudah. Jadi, orang nggak akan kebingungan mencari blogmu lagi.


3. Tampilan Profesional

Memiliki favicon bikin blogmu tampak lebih profesional. Ketika pengunjung melihat favicon di tab browser, mereka akan merasa bahwa blogmu serius dan terawat. Ini memberikan kesan positif dan meningkatkan citra blogmu di mata pengunjung.


4. Pengenalan Merek

Jika kamu punya merek atau bisnis yang terkait dengan blogmu, favicon bisa membantu memperkuat pengenalan merek. Dengan menggunakan logo merek sebagai favicon, pengunjung akan terus teringat dengan merekmu, baik saat sedang mengunjungi blogmu maupun ketika melihat favicon di browser mereka.


5. Pengalaman Pengguna

Favicon memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Ketika seseorang bookmark atau menyimpan blogmu sebagai favorit, favicon yang menarik akan muncul di daftar bookmark mereka. Ini membuat bookmark mereka lebih mudah dikenali dan membantu pengguna dengan cepat menemukan kembali blogmu.



Cara Membuat Favicon Di Website www.favicongenerator.com

1. Buka https://www.favicongenerator.com/ di chrome atau browser lain.

https://www.favicongenerator.com


2. Pilih choose image to upload dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai favicon. Pastikan gambar tersebut sesuai dengan kebutuhan dan memiliki ukuran yang cukup besar untuk hasil yang lebih baik. Anda juga dapat mengunggah beberapa gambar dalam format yang berbeda jika Anda ingin memilih favicon yang berbeda untuk platform yang berbeda.


3. Sesuaikan opsi tambahan sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih ukuran favicon yang diinginkan, seperti 16x16 piksel atau 32x32 piksel.


4. klik tombol "Create Favicon" untuk membuat favicon Anda.


5. Setelah favicon dibuat, Anda akan melihat beberapa opsi unduhan yang tersedia di bawah favicon.


6. Unduh favicon yang dibuat dan simpan di lokasi yang mudah diakses pada perangkat Anda.


Itulah langkah-langkah umum untuk membuat favicon menggunakan situs web www.favicongenerator.com. Anda juga dapat menemukan alat lain yang dapat digunakan untuk membuat favicon secara online atau menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk membuat favicon secara manual.



Cara Memasang Favicon di Blogger

Untuk memasang favicon di Blogger, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, buka Blogger dan masuk ke akun Anda.

2. Di dasbor Blogger, pilih blog yang ingin Anda pasang favicon.

3. Klik "setelan atau settings" di menu sebelah kiri.


4. Di halaman setelan, cari dan klik tombol "Favicon".


5. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Di jendela ini, Anda klik tombol pilih file setelah itu pilih gambar favicon yang dibikin tadi.

note: pastikan ubah nama dari angka.ico.cur menjadi favicon.jpg


6. Setelah memilih atau mengunggah gambar favicon, klik tombol "Simpan" di jendela pop-up.


Favicon sekarang telah dipasang di blog Anda di Blogger. Ketika Anda mengunjungi blog tersebut di browser, favicon akan ditampilkan di tab browser dan di sebelah alamat URL blog.


Harap diingat bahwa perubahan mungkin memerlukan beberapa saat untuk diterapkan secara penuh dan terlihat di semua browser dan perangkat. Jika favicon tidak segera terlihat, bersabarlah dan periksa kembali setelah beberapa saat.


note: Simpan salinan cadangan favicon yang asli:

Selalu simpan salinan cadangan favicon asli yang Anda gunakan. Jika Anda perlu mengubah favicon di masa depan atau terjadi kesalahan, Anda dapat dengan mudah mengakses favicon asli dan membuat perubahan yang diperlukan. Salinan cadangan ini juga berguna jika favicon Anda hilang atau rusak karena alasan tertentu.


Itulah tutorial "Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogger" semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogger Terbaru"